Sejarah Dinas DUKCAPIL

18 April 2018

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau Nomor 2 Tahun 2008 sebagai unsur pelaksana teknis Pemerintah Kota Lubuklinggau dan berdasarkan Peraturan Walikota Lubuklinggau Nomor 39 tahun 2008 tentang Penjabaran tugas pokok dan fungsi, mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas pembuatan yang di berikan oleh Pemerintah Provinsi.

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24 tentang pelaksanaan keputusan Menteri Dalam NegeriNomor 54 Tahun 1983 tentang organisasi dan tata kerja kantor catatan sipil kabupaten/kota dimaksud pasal 1 Keputusan Menteri Dalam Negeri Tahun 1983 adalah perangkat wilayah yang membantu Bupati/Walikota sebagai Kepala Daerah Tingkat II selaku wakil pemerintah pusat dalam rangka melaksanakan pendaftaran pendudukan didaerah dan hanya satu-satunya pelaksana utama menangani urusan pendaftaran penduduk.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau dikenal sebagai salah satu kantor pelayanan publik yang memberikan layanan yang menyangkut dokumen-dokumen kependudukan seperti Akta Catatan Sipil, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan Surat Keterangan Pindah/Datang. Dengan demikian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau diharapkan dapat dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan yang dihasilkan tentu saja di tentukan oleh orang-orang yang bekerja di dalam organisasi tersebut. Kemampuan dan Keterampilan aparat dalam menjalankan pekerjaannya tentu akan memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai.

 

  • DENGAN INI KAMI MENYATAKAN SANGGUP MENYELENGGARAKAN
    PELAYANAN SESUAI DENGAN STANDAR PELAYANAN YANG DI TETAPKAN
    DAN APABILA TIDAK MENEPATI JANJI INI KAMI SIAP MENERIMA SANKSI
    SESUA DENGAN PERATURAN PERUNDANG - UNDANG YANG BERLAKU.

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Lubuklinggau No 55 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, maka fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau antara lain :

  1. penyiapan bahan perumusan kebijakan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  2. perumusan kebijakan teknis di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  3. penyiapan bahan dan pelaksanaan penyuluhan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  4. Penyusunan rencana kinerja dan perjanjian kinerja di bidang kependudukan dan pencatatan sipil
  5. pelaksanaan pembinaan kependudukan dan pencatatan sipil;
  6. pengkoordinasian pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, dan pengelolaan informasi administrasi kependudukan;
  7. pelaksanaan fasilitasi, sosialisasi, bimbingan teknis, advokasi, supervisi, dan konsultasi pelaksanaan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  8. penyelenggaraan dan penatausahaan administrasi kependudukan;
  9. pelayanan administrasi kependudukan dan akta catatan sipil;
  10. pelaksanaan pengendalian, pengarahan mobilitas, dan persebaran penduduk;
  11. pengelolaan data dan informasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  12. penerapan, pengelolaan, dan pengembangan sistem informasi kependudukan dan pencatatan sipil;
  13. penetapan indikator kependudukan, proyeksi penduduk, dan analisis dampak kependudukan;
  14. penyelenggaraan kerja sama di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  15. penyelenggaraan pendataan dan analisis data kependudukan dan pencatatan sipil;
  16. penyelenggaraan sistem pengendalian intern di bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  17. pengendalian dan pelaksanaan norma, standar, pedoman, dan petunjuk operasional bidang kependudukan dan pencatatan sipil;
  18. pelaksanaan monitoring, evaluasi, dan pelaporan kegiatan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, dan
  19. pengelolaan UPT
  • Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau No 6 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
  • Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau Nomor 6 Tahun 2016 tentang Urusan Pemerintahan Daerah
  • Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau Nomor 7 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Lubuklinggau
  • Peraturan Wali Kota Lubuklinggau No 55 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
  • Peraturan Wali Kota Lubuklinggau Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Lubuklinggau Nomor 10 Tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau Nomor 4 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan
HALLO DUKCAPIL LUBUKLINGGAU
5 Hari Kerja Dari 08.00 WIB KE 16.00 WIB