Profile Dinas

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Lubuklinggau yang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Lubuklinggau Nomor 2 Tahun 2008 sebagai unsur pelaksana teknis Pemerintah Kota Lubuklinggau dan berdasarkan Peraturan Walikota Lubuklinggau Nomor 39 tahun 2008 tentang Penjabaran tugas pokok dan fungsi, mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas pembuatan yang di berikan oleh Pemerintah Provinsi.

Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24 tentang pelaksanaan keputusan Menteri Dalam NegeriNomor 54 Tahun 1983 tentang organisasi dan tata kerja kantor catatan sipil kabupaten/kota dimaksud pasal 1 Keputusan Menteri Dalam Negeri Tahun 1983 adalah perangkat wilayah yang membantu Bupati/Walikota sebagai Kepala Daerah Tingkat II selaku wakil pemerintah pusat dalam rangka melaksanakan pendaftaran pendudukan didaerah dan hanya satu-satunya pelaksana utama menangani urusan pendaftaran penduduk.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau dikenal sebagai salah satu kantor pelayanan publik yang memberikan layanan yang menyangkut dokumen-dokumen kependudukan seperti Akta Catatan Sipil, Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, dan Surat Keterangan Pindah/Datang. Dengan demikian Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Lubuklinggau diharapkan dapat dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pelayanan yang dihasilkan tentu saja di tentukan oleh orang-orang yang bekerja di dalam organisasi tersebut. Kemampuan dan Keterampilan aparat dalam menjalankan pekerjaannya tentu akan memberikan pengaruh terhadap hasil yang dicapai.

Kominfo
LAPOR!
Provinsi Sumatera Selatan